PEMODELAN ASAP

Simulasi Fluida dengan PhysX

Simulasi fluida dengan menggunakan GPU dan PhysX dijelaskan melalui powerpoint oleh Mark Haris dari NVDIA. Pembahasan dimulai dari penjelasan tentang PhysX kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang simulasi fluida berbasis pada sistem partikel, solver fluida, SPH, algoitma GPU, struktur data, dan Rendering Fluida.  Titik berat pembahasan presentasi tersebut adalah bagaimana implementasi SPH dalam GPU, sehingga kita bisa memanfaatkan GPU untuk paralisasi SPH.

Pemrograman Asap Berbasis pada Sistem Partikel

Pemrograman asap cukup menjadi tantangan bagi pembuatan berbagai model, baik untuk keperluan game, animasi, ataupun penelitian. Tautan berikut memberikan contoh kode dalam bahasa C yang dikompilasi dengan Visual C++ 2008 dengan judul : “Smoke, Fountain, and Fire Simulation “.  Program tersebut merupakan langkah-langkah dasar dalam menciptakan sistem partikel. Untuk mencoba program disediakan file binernya tetapi memerlukan tambahan file glut32.dll pada folder yang sama.

Mesin Partikel Menggunakan Kepingan Segitiga

Pembahasan pembuatan mesin partikel untuk berbagai keperluan telah disediakan dalam tutorial berbasis OpenGl di NeHe.  Program mesin partikel yang dibahas menggunakan potongan-potongan segitiga untuk membangkitkan sistem partikel. Kode program ditulis dalam berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Visual Studio.NET.  Program itu merupakan bagian dari tutorialnya NeHe pada pelajaran ke 19.  Tutorial lain yang menjelaskan tentang mesin partikel berdasarkan OpenGL juga dibahas dalam Swiftless Tutorial.  Dalam tutorial tersebut ditunjukan kode-kode programnya dalam bahasa C.  Mesin partikel tersebut ditujukan untuk memberikan sifat-sifat dinamis partikel termasuk pewarnaan bagi setiap partikel. Penjelasan lebih detil tentang penggunaan openGl dalam mengolah partikel dapat dilihat disini.

Tautan terkait Sistem Partikel dan Mesin Render

SPHysicsDualSPhysicsWiki SPHRon Fedkiw,

Surfel :  Surface Elements as Rendering Primitives

PhysBam : A multiphysics simulation library

Sandy: A 3D Game Engine; Humus; Game rendering

Fluids V.2 : Open source fluid simulator

PDF : Lagrangian Fluid Dynamics Using Smoothed Particle Hydrodynamics (thesis); Simulation and Rendering of a Viscous Fluid using Smoothed Particle Hydrodynamics (thesis Tum3D); Realtime Particle Based Simulation (Program, Slide, Thesis Stevan Auer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*