Aplikasi Partikel Rendering

Blender untuk rendering partikel

Tutorial mengenai pembangkitan partikel efek berbasis blender dapat diunduh disini. Tutorial ini berisi skripting untuk kompilasi dengan python blender.

HellHeavean (HH) untuk efek-efek partikel

Berbagai macam visual efek dapat dengan mudah dirender menggunakan HH editor.  Sedangkan editornya dapat diperoleh dari situs HellHeaven. HH juga menyediakan fasilitas scripting yang memungkinkan kita memasukan persamaan-persamaan matematis untuk mengatur dinamika partikel. Tutorial tentang partikel rendering dan beberapa contoh dan penjelasannya tersedia cukup lengkap dalam wiki HH.  Beberapa contoh demo dengan directX juga memberikan gambaran tentang penggunaan GPU  dan juga menyediakan runtime engine OGRE  dalam bahasa C++.

OpenGl billboard dan efek air

Efek air dan pembangkitan teksture dan billboards berdasarkan openGl dalam bahasa C dijelaskan disini.

DirectX 11 Partikel Renderer

Pengenalan tentang geometri shader telah dimulai di DirectX 10. Geometri shader banyak berguna untuk berbagai keperluan termasuk billbords dan partikel rendering. Tutorial directX tentang Billboarding dan sistem partikel menjelaskan bagaimana memanfaatkan HLSL untuk keperluan-keperluan tersebut. Billboards juga dibahas di NeHe.  Billboarding pada DirectX10 biasanya dikaitkan dengan geometri shader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*